Sejarah Dibalik Logo PERTAMINA


Pembahasan artikel kali ini saya akan membahas tentang sebuah logo milik perusahaan BUMN yaitu Pertamina yang merupakan salah satu BUMN besar di Indonesia. 
Ada yang menarik untuk dibahas dari Perusahaan Pertamina ini, yakni dari sisi sebuah logo nya, mengumpulkan informasi dan data dari berbagi sumber, prihal. Evolusi dari sebuah logo Pertamina yang berdiri sejak Tahun 1961 hingga Sekarang.
Saya yakin banyak masyarakat yang belum menetahui tentang sejarah logo Pertamina dengan transformasinya dari masa ke masa
Harap maklum, Pertamina didirikan dalam situasi darurat sehingga pencatatan sejarah logo saat itu dianggap tidak penting.

Mengutip dari unggahan Kaskus.co.id- yang menceritakan Pada tahun 1945, Jepang, dengan disaksikan pihak Sekutu, menyerahkan Tambang Minyak Sumatera Utara kepada Indonesia.
Daerah perminyakan ini adalah bekas daerah konsesi BPM sebelum Perang Dunia Kedua. Pada masa revolusi fisik, tambang minyak ini hancur total.
Lapangan-lapangan minyak di daerah lain di Indonesia dapat dikuasai kembali oleh Belanda dan pihak asing berdasarkan hak konsesi, namun lapangan minyak di Sumatera Utara dan Aceh dapat dipertahankan bangsa Indonesia.


Logo perusahaan itu sendiri baru muncul ketika PT Pertamin berubah status menjadi PN permina tahun 1961 ( Berdasarkan PP No.198 Tahun 1961 ).
Logo PT Pertamin (tahun 1961 berbentuk PN berdasarkan PP No. 3 Tahun 1961) adalah berbentuk bintang api segi lima merah, dan didalam lingkaran berwarna putih.


Logo Kuda laut kembar merupakan gabungan dan pengembangan dari Logo-logo PN Permina dan PN Pertamin, dua perusahaan yang menjadi embrio kelahiran Pertamina.



Seiring berjalan nya waktu, hingga pada akhirnya pada tgl 20 Agustus 1968 PN Permina merger dengan PN Pertamin sehingga terjadi penggabungan sebuah logo, dan penetapan tgl ini pun dianggap tanggal kelahiran resmi logo sikuda laut kembar, yang sekaligus melambangkan dua arti simbolik.
Disatukan nya PN Permina dan PN Pertamin diharapkan membawa harapan perusahaan minyak yang lebih kuat, mengingat saat itu bisnis minyak Indonesia sudah harus berhadapan dengan perusahaan -perusahaan kaliber dunia yang bercokol di Indonesia maupun rekanan di luar negeri.
Hasil gambar untuk LOGO Pertamina 1961
Dan Pada tanggal 10 Desember 2005 sebagai bagian dari upaya persaingan bisnis, logo PT Pertamina (persero) kembali melakukan perubahan, yakni berupa huruf “P” yang merupakan representasi dari bentuk panah.
Melalui konferensi pers pada pukul 16.30 wib. Setelah terdaftar dengan surat pendaftaran ciptaan no. 028344 tertanggal 10 oktober 2005 pada Direktorat Hak Cipta. Elemen logo PT. Pertamina (persero) yang membentuk huruf"P" yang dikukuhkan dan diberlakukan terhitung mulai tanggal 10 desember 2005.
Desain Industri, Desain Tata Letak Sirkuit Terpadu dan Rahasia Dagang Departemen Hukum dan HAM RI. Dengan pemaknaan logo warna-warna yang berani menunjukkan langkah besar yang diambil Pertamina tercermin pada tiga bidang belah ketupat, dan aspirasi perusahaan akan masa depan yang lebih positif dan dinamis.
Berikut ini adalah arti dan makna dari sebuah logo baru PERTAMINA
Makna dari logo adalah:
  1. Warna biru memiliki arti andal, dapat dipercaya dan bertanggung jawab.
  2. Warna hijau memiliki arti sumber daya energi yang berwawasan lingkungan.
  3. Warna merah memiliki arti keuletan dan ketegasan serta keberanian dalam menghadapi berbagai macam kesulitan.
Simbol grafis memiliki arti:
  1. Bentuk anak panah menggambarkan aspirasi organisasi Pertamina untuk senantiasa bergerak ke depan, maju dan progresif. Simbol ini juga mengisyaratkan huruf “P” yakni huruf pertama dari Pertamina.
  2. Tiga elemen berwarna melambangkan pulau-pulau dengan berbagai skala yang merupakan bentuk negara Indonesia. Dilansir dari pertamina.com



Sumber : tz.ucweb.com/3_5lNsj




Comments